Skip to content

SEHAT BUGAR ALA ATLET

Sehat Bugar ala Atlet

TEMPO.CO, – Profesi atlet bukanlah jaminan seseorang akan sehat setiap saat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, para atlet membarenginya dengan melakukan latihan fisik teratur dan menerima asupan gizi yang memadai. “Kebugaran atlet harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum pertandingan,” kata dr. Michael Tringto, SpKO, dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Latihan fisik atau latihan beban dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Latihan teknik belum begitu banyak dilakukan, tapi porsi latihan fisik yang harus terus ditingkatkan. Menjelang pertandingan, porsi latihan fisik harus dikurangi. Sebaliknya porsi latihan teknik harus ditingkatkan. Dengan demikian fisik menjadi lebih kuat, sehingga tinggal mematangkan strategi untuk menghadapi lawan.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah saat atlet memasuki masa pertandingan, asupan makanan harus diperhatikan. Porsi makanan tidak boleh kurang dan sebaliknya tidak boleh berlebihan. Asupan makanan dapat mempengaruhi kebugaran atlet. “Asupan makanan harus disertai suplemen untuk menjaga kebugaran dan peningkatan daya otot yang akan sangat dibutuhkan atlet dalam menghadapi lawan.”

Cairan tubuh juga tidak boleh berkurang. Sebab, jika kekurangan cairan, akan mudah sekali mengalami dehidrasi, terutama bagi atlet yang harus bertanding beberapa kali berturut-turut, seperti atlet atletik dan karate, yang biasa bertanding berturut-turut dengan jenis lomba berbeda-beda. “Disarankan jangan sampai kekurangan cairan. Karena cairan dapat menguatkan otot.”

Namun, kata Michael, cairan yang masuk dalam tubuh tidak boleh air saja, tapi juga harus disertai dengan elektrolit, garam-garaman, dan gula yang cukup untuk menjaga keseimbangan persediaan energi saat bertanding. Atlet juga harus rutin minum susu sehari dua kali, yaitu pagi dan malam hari, disertai istirahat yang cukup.

Biasanya sarapan para atlet tidak berkadar gula tinggi, seperti pisang dan buah-buahan. Makan siang dan makan malam juga tidak boleh kurang dan berlebihan.

Setiap pagi atlet yang bersangkutan harus menimbang berat badan agar kekurangan atau kelebihan makanan diketahui. “Penimbangan ini juga dapat mengetahui apakah atlet itu dehidrasi atau tidak, sehingga bisa cepat tertangani dan mereka tetap bugar dan sehat bisa melalui pertandingan dengan baik,” kata Michael.

6 Cara Alami Untuk Menaikan Tekanan Darah (untuk yang Hipotensi)

6 Cara Alami untuk Menaikkan Tekanan Darah (Untuk Yang Hipotensi)

Gambar

Akhir-akhir ini sering merasa pusing? Wah hati-hati, mungkin kena darah rendah alias hipotensi.

Penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHg (Milieter Air Raksa).

 

Namun demikian, beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka tidak/belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang.

Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa terjadinya penurunan tensi darah, hal ini dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Kurangnya Pemompaan Darah dari Jantung.

Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Seseorang yang memiliki kelainan/penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh organ tubuh.

2. Volume (Jumlah) Darah Berkurang

Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek,haid berlebihan/abnormal), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil atau berkemih berlebihan.

3. Kapasitas Pembuluh Darah

Pelebaran pembuluh darah (dilatasi) menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE).

Berikut adalah 6 solusi alami yang dapat membantu anda menaikan tekanan darah Anda :

1. Air Putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari.

2. Kopi

Sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat.

3. Garam

Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam

4. Bayam

Untuk sayur, perbanyak konsumsi bayam karena bayam bagus untuk mengatasi tekanan darah rendah. Selain itu, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, mentega, keju dan jahe merah katanya juga bagus untuk orang yang menderita tekanan darah rendah. Libur dulu untuk makanan-makanan yang asam.Gimana dengan ketimun? He he he ini mah wajib dijauhi dulu kalo gak mau makin puyeng.

5. Sate Kambing

Mengenai image masyarakat yang sebagian besar berpikir bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi dapat meningkatkan tensi darah sebenarnya belum jelas, Namun dibenarkan kalau hal itu akan meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah. Sekali lagi harus dipahami bahwa tekanan darah rendah artinya suplai darah tidak maksimal keseluruh bagian tubuh. Haemoglobin (Hb) rendah adalah berarti bahwa kandungan Hb sebagai zat pengikat oxygen dalam darah memiliki kadar rendah yang akibatnya penderita bisa pucat (anemia), pusing (oxygen yang di angkut/suplai darah ke otak kurang), merasa cepat lelah dan sebagainya.

6. Kacang Ijo

Kacang ijo cukup baik juga menaikkan tekanan darah. Kolak kacang ijonya dibuat tiap hari. Dapat beberapa hari tekanan darah normal lagi

7. Obat-obatan

Dalam kasus Hipotensi yang benar-benar diperlukan pemberian obat, biasanya ada beberapa jenis obat yang biasa dipakai seperti fludrocortisone, midodrine, pyridostigmine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), caffeine dan erythropoietin. (kaskus.us)